Apa Itu Jurusan Ilmu Perpustakaan Yang Wajib Kamu Tahu

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 June 2022
Apa Itu Jurusan Ilmu Perpustakaan Yang Wajib Kamu Tahu

Banyak orang beranggapan bahwa jurusan ilmu perpustakaan adalah jurusan yang tidak penting karena kamu hanya dianggap bisa bekerja sebagai penjaga perpustakaan. Bahkan tidak sedikit pula yang salah kaprah memandang penjaga perpustakaan merupakan profesi yang hanya mengatur seluruh buku perpustakaan supaya tidak berantakan.

<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Jadi, mata kuliah yang akan kamu temui pada jurusan ini tidak hanya tentang bagaimana cara menyusun buku supaya rapi. Proses pekerjaannya juga tidak hanya sebagai seorang penjaga perpustakaan saja.<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Agar kamu tidak ragu mengambil jurusan tersebut, maka sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tentang jurusan ilmu perpustakaan sebagaimana berikut.

Apa Tujuan Jurusan Perpustakaan?

<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Jika kita lihat dari pengertiannya, jurusan perpustakaan merupakan jurusan di mana kamu akan belajar tentang bagaimana mengumpulkan, melakukan analisis, mengolah, juga melakukan komunikasi informasi pada berbagai media termasuk buku, dokumen, dan digital.<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Seseorang yang merupakan lulusan jurusan tersebut pasti punya peran penting yaitu mampu mengumpulkan informasi dan menganalisisnya supaya bisa mengetahui asal-usul sumber informasi dan mengidentifikasi kata kunci. Bahkan seorang alumni jurusan tersebut pasti tahu peluang plagiarisme.<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Hal ini karena selama perkuliahan, mereka sudah belajar tentang teknologi dan sistem informasi secara dasar. Berkat ilmu yang sudah mereka milikipun, jurusan ilmu perpustakaan menawarkan masa depan cukup cerah.<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Apalagi saat ini zaman terus berkembang sehingga kebutuhan mengolah dan mengelola maupun mengkomunikasikan informasi dari bermacam-macam sumber harus dikerjakan secara modern dengan menggunakan teknologi. Itulah mengapa, seseorang ahli pada ilmu perpustakaan pasti dibutuhkan di masa mendatang.

Bagaimana Perkuliahan Jurusan Perpustakaan?

<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Mahasiswa jurusan tersebut akan menghadapi mata perkuliahan yang lebih dari sekedar cara mengatur buku supaya urut dan terapi. Karena kamu mempunyai kemampuan teknologi dan sistem informasi dasar, Kamu pastinya paham betul tentang administrasi, management, psikologi, kearsipan, katalogisasi, hubungan masyarakat, dan lainnya.<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Itulah mengapa pada jurusan ilmu perpustakaan merupakan salah satu pilihan jurusan interdisipliner. Bagi mahasiswa ilmu perpustakaan pasti membutuhkan berbagai ilmu tersebut.<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Tujuan jurusan perpustakaan adalah supaya kamu memiliki kemampuan dalam mengalokasikan informasi lalu mengkomunikasikannya terhadap orang yang membutuhkan informasi tersebut.<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Jika kamu bingung memilih harus kuliah di mana ketika ingin mempelajari jurusan perpustakaan, ada beberapa pilihan lembaga perguruan tinggi di Indonesia yang telah menyediakan jurusan tersebut.<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Beberapa di antaranya adalah Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, dan Universitas Airlangga. Jurusan perpustakaan dapat kamu tempuh dengan jenjang pendidikan D3 hingga S1 sesuai pilihan universitas.

Apa Pekerjaan Lulusan Ilmu Perpustakaan?

<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Jika kamu bertanya pada orang awam tentang ilmu perpustakaan dan prospek pekerjaannya, maka jawabannya mungkin hanya satu yaitu pustakawan. Padahal, profesi bagi lulusan ilmu perpustakaan sangat bervariasi. Setelah lulus perkuliahan, kamu bisa bekerja pada lembaga pemerintah atau lembaga swasta.<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Seluruh instansi saat ini pasti tidak bisa lepas dari kebutuhan menggunakan data, dokumen, dan video di mana seluruh hasil pekerjaan tersebut akan disimpan sebagai bentuk rekam pekerjaan. Dari sinilah, seorang alumni ilmu perpustakaan pasti dicari oleh berbagai lembaga tersebut.<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Artinya, seorang lulusan ilmu perpustakaan pasti mempunyai beberapa prospek kerja sebagaimana berikut:

  1.  Pegawai Negeri Sipil
  2. Tata usaha
  3. Peneliti
  4. Pustakawan
  5. Arsiparis
  6. Kurator
  7. Staff administrasi
  8. Spesialis manajemen dokumen
  9. Akademisi
  10. Ahli dokumentasi
  11. Spesialis informasi
  12. Data Scientist
  13. System Analyst

<p 'margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;line-height:="" normal;background:white'="">Sekarang kamu sudah tahu banyak hal tentang Apa itu jurusan ilmu perpustakaan. Dengan adanya informasi ini, maka akan lebih mudah mempertimbangkan rencana studi sekaligus menambah pengetahuan bahwa mempelajari ilmu perpustakaan tidak hanya membuat kamu menjadi pustakawan, tetapi juga bisa bekerja pada bidang lainnya sesuai minat dan keahlian.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait