7 Beasiswa S1 Universitas Swasta di Indonesia yang Bisa Menjadi Peluang Biaya Pendidikan Tambahan Buat Kamu!

Bacaan Umum
Universitas123 | 27 February 2023
7 Beasiswa S1 Universitas Swasta di Indonesia yang Bisa Menjadi Peluang Biaya Pendidikan Tambahan Buat Kamu!

Beasiswa S1 universitas swasta di Indonesia dibuka untuk menggaet para calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan tingkat lanjut. Perlu kamu tahu yang selalu berpikir perguruan tinggi swasta lebih mahal dibandingkan perguruan tinggi negeri mungkin benar demikian.

Namun, sekarang banyak sekali beasiswa S1 untuk perguruan tinggi swasta bisa diambil para calon mahasiswa. Lalu, apa saja beasiswa S1 universitas swasta di tanah air? Berikut ulasannya!

Benarkah Ada Beasiswa S1 Universitas Swasta di Indonesia?

Meskipun berkuliah di perguruan tinggi negeri swasta cenderung lebih mahal dibandingkan universitas tinggi, tentunya membuat sebagian mahasiswa harus mencari tambahan biaya. Lalu bagaimana cara menyelesaikannya?

Apabila kamu seorang mahasiswa pemburu beasiswa maka tidak salahnya mencoba beberapa beasiswa universitas swasta di Indonesia yang sering diincar dengan biaya cukup lumayan berikut ini:

1. Online Scholarship Competition (OSC)

Penawaran beasiswa tersebut berasal dari Metro TV news dan Avitex cat tembok. Beasiswa ini bisa kamu ikuti dengan mengikuti berbagai kompetisi online untuk memperoleh beasiswanya.Kamu bisa mengikuti rangkaian kompetisi secara online dimanapun kamu berada. Program beasiswa tersebut memberikan pendanaan penuh selama perkuliahan.Pada mulanya beasiswa ini menjangkau kawasan Jakarta. Kini, beasiswa tersebut telah merambah ke D.I Yogyakarta. berikut 10 mitra OSC diantaranya, Universitas Trisakti, Universitas Multimedia Nusantara dan Universitas Mercu Buana.

Selain itu, Universitas Pelita Harapan dan Universitas A-Azhar Indonesia, Universitas Kristen Maranatha,Institut Teknologi Nasional, Universitas Ahmad Dahlan, Telkom University, Swiss German University dan Universitas Kristen Duta Wacana.

2. Djarum Beasiswa Plus

Bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan Diploma 4 maupun S1 dan tengah mencari beasiswa. Maka salah satu beasiswa ini bisa kamu ikuti yakni, Djarum Beasiswa Plus. Perlu kamu tahu beasiswa ini telah berlangsung sejak tahun 1984. Bagi para penerima beasiswa Djarum Plus diberikan dana pendidikan senilai Rp750.000 selama satu tahun.

Tidak hanya itu, para penerima beasiswa akan menerima berbagai keterampilan diantaranya, leadership development, competition challenges, nation building, international exposure dan character building.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar beasiswa S1 universitas swasta di Indonesia yang menjadi mitra Djarum Beasiswa Plus meliputi, Institut Teknologi Nasional, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kucecwara, Universitas Bina Nusantara, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Dian Nuswantoro.

Selain itu, terdapat beberapa universitas swasta lainnya yakni, Universitas Islam Bandung, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Katolik Atma Jaya, universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Komputer Indonesia, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Ma Chung, Universitas Kristen Satya Wacana dan Universitas Merdeka.

Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Muria Kudus, Universitas Paramadina, Universitas Nasional dan Universitas Pasundan daln lainnya.

3. Beasiswa Dataprint

Bagi kamu mahasiswa aktif S1, beasiswa dataprint bisa menjadi peluang kamu untuk mendapatkan biaya pendidikan. Perlu kamu tahu pendaftaran beasiswa ini tidak memungut biaya sepeserpun selama proses seleksi.

Dana yang diberikan oleh Beasiswa Dataprint relatif bervariasi. Keputusan tersebut tergantung oleh para panitia dengan nominal dana yang telah ditentukan di dalam formulir pendaftaran. Pra peserta diminta untuk membuat esai.

Keseluruhan mahasiswa di Indonesia dapat ikut seleksi program tersebut dengan dana yang telah diberikan yakni, Rp400-000-Rp1.000.000.

4. Beasiswa Astra

Program beasiswa tersebut adalah program yang diberikan oleh PT.Astra International Tbk. Selain beasiswa dalam bentuk dana pendidikan senilai 5 juta rupiah, program beasiswa dapat berupa bantuan pengembangan diri dan kesempatan untuk belajar di Astra Group. Beasiswa ini diperuntukkan oleh mahasiswa yang berada di Pulau Jawa.

5. BCA Finance

Selain beberapa beasiswa di atas kamu bisa mendaftarkan ikut beasiswa dari Bank Central Asia, Tbk. Program tersebut telah dimulai sejak tahun 2009 dengan memberikan dana bagi para penerima senilai Rp3.000.000 tiap semester selama 8 semester.

6. Beasiswa Tanoto

Perlu kamu tahu beasiswa dari Tanoto sangat beragam, namun beasiswa yang khusus diperuntukkan PTS dikenal dengan nama Regional Champion Scholarship. Beberapa universitas swasta yang memiliki program beasiswa ini sebagai mitra Tanoto meliputi, Universitas Batanghari, Universitas HKBP Nommensen, Universitas Dharmawangsa, Universitas Katolik St. Thomas dan Universitas Katolik Parahyangan.

Selain itu, beasiswa dari Tanoto juga menjadi mitra Universitas Lancang Kuning, Universitas Methodist Indonesia, Swiss German University dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

7. Beasiswa Van Deventer-Maas Stichting (VDMS)

Bagi kamu seorang hunter beasiswa S1, kamu bisa membidik VDMS berlaku hingga pada akhirnya masa studi telah sesuai dengan standar pendidikan. Penerima beasiswa akan mendapatkan dana pendidikan senilai Rp500.000 per bulannya yang telah dibayar ke rekening pribadi.

Tidak hanya itu, buat kamu penerima beasiswa yang berjuang lulus S1 tepat waktu, beasiswa VDMS bakal memberikan tambahan bonus Rp650.000. Beberapa mitra beasiswa VDMS di universitas swasta dapat meliputi, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Universitas Ma Chung, Universitas Flores, Universitas Katolik Widya Mandala dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah beberapa informasi beasiswa S1 universitas swasta di Indonesia bisa kamu bidik sebagai peluang terbaik untuk meringankan biaya pendidikan. Buat kamu yang masih bingung dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut bisa bergabung di Universitas123 atau datang langsung ke universitas tujuanmu.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait