Cara Membuat Tiang Bendera Pramuka

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 April 2022
Cara Membuat Tiang Bendera Pramuka

Cara membuat tiang bendera Pramuka biasanya dilakukan oleh siswa Pramuka dengan menggunakan tongkat Pramuka dan tali. Di dalam pramuka kita akan diajari tentang pionering atau teknik kepramukaan menggunakan tongkat dan tali temali yang bisa diuraikan menjadi berbagai macam objek. Pelajaran tersebut sangat bermanfaat untuk membuat Tiang Bendera dari tongkat Pramuka.

Sebenarnya sangat sederhana jika ingin membuat Tiang Bendera baja anak-anak Pramuka. Namun biasanya anak Pramuka lebih memilih untuk menggunakan cara yang kreatif sehingga membuat Tiang Bendera tersebut tampak menarik, salah satunya dengan membuat Tiang Bendera kaki tiga.

Cara Membuat Tiang Bendera Pramuka

Sebagai anak Pramuka tentu kamu akan dituntut untuk kreatif dalam menggunakan tongkat dan tali. Begitupun ketika membuat Tiang Bendera, disarankan agar bisa berdiri dengan tegak untuk membuat bendera Merah Putih terus berkibar. Nah, bagaimana cara membuat tiang bendera kaki tiga salam pramuka?

  • Pertama yang harus disiapkan adalah tongkat Pramuka sebanyak 8 buah dan tambang trimula
  • Kemudian ambil 2 tongkat untuk bagian tiangnya dan ikat kedua tongkat tersebut menggunakan simpul pangkal, lilitkan tingkat dengan tali sampai kuat.
  •  Bagian yang kedua silahkan ambil 3 tongkat Pramuka lagi dan satu tongkat sudah kita buat menjadi Tiang Bendera lalu ikatkan keempat tongkat menggunakan simpul pangkal.
  • Kemudian jika sudah diikat Maka berdirikan hasilnya dan seimbangkan tiang bendera agar tidak roboh.
  • Kemudian ambil 3 tongkat lagi untuk diikat di bagian bawah kaki Tiang Bendera menggunakan simpul pangkal dan terkuat penggunaan simpul palang tersebut Setelah dipasang bendera merah putih bagian atas.
  • Dengan begitu Tiang Bendera kaki tiga untuk pramuka sudah jadi.

Sebenarnya membuat Tiang Bendera bagi anak Pramuka hanya dengan 1 tongkat saja sudah bisa tetapi untuk menjaga kekokohan dan kekuatan Tiang Bendera banyak anak Pramuka yang lebih memutuskan untuk membuat Tiang Bendera kaki tiga.

Apa itu Pionering?

Bagaimana anak Pramuka memiliki kekreatifan untuk membuat sebuah benda dari tongkat dan tali temali adalah salah satu teknik kepramukaan yang sering disebut dengan pionering. Ada berbagai macam objek yang bisa digunakan, selain Tiang Bendera kaki tiga ada Pandu, gapura, jembatan, dan lain sebagainya.

Dalam pembuatan objek tersebut para siswa peserta pramuka juga mengenal Apa itu tali temali simpul dan ikatan. Jika membuat Tiang Bendera kaki tiga biasanya lebih banyak menggunakan simpul pangkal, hal tersebut juga termasuk ilmu pionering loh.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan pelajaran pionering, seperti memupuk rasa kekompakan karena membuat Tiang Bendera kaki tiga bersama-sama, bisa menerapkan ilmu di saat-saat genting, memproyeksikan pemikiran peserta untuk bisa merancang sebuah objek.

Penutup

Cara membuat tiang bendera Pramuka sebenarnya sederhana, sebab biasanya anak Pramuka ini membuat Tiang Bendera kaki tiga bersama-sama. Mengapa harus kaki tiga? Hal tersebut untuk membuat Tiang Bendera lebih kokoh dan tidak mudah roboh, sehingga bendera merah putih tetap terjaga di atas tiang bendera. 

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait