5 Contoh Konsep Acara Kampus yang Menarik dan Bermanfaat

Bacaan Umum
Universitas123 | 19 januari 2023

Memasuki dunia perkuliahan, kamu akan menemukan berbagai macam kegiatan menarik di kampus untuk menunjang kekreatifan mahasiswa. Dunia perkuliahan sangat berbeda ketika kamu duduk di bangku SMP atau SMA. Ada berbagai macam kegiatan yang bisa diselenggarakan oleh mahasiswa dan didukung oleh pihak kampus.

Acara yang diselenggarakan tidak selalu harus formal loh. Kamu juga bisa menyelenggarakan acara non formal santai sebagai hiburan bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar, tetapi pastikan bahwa acara yang diselenggarakan tetap memiliki nilai positif. 

Contoh Konsep Acara Kampus

Jika kamu masih merasa bingung untuk menentukan konsep acara kampus yang akan diusung, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan. 

1. Memajukan Perekonomian dengan Pop-up Market

Tema pertama yang bisa kamu coba realisasikan adalah memajukan perekonomian dengan fokus pop-up market. Tema tersebut mungkin terdengar familiar sebab kamu bisa menjadikan acara kampus lebih menarik dan seru. Pop-up market ini sudah tidak asing di kalangan generasi muda sebab aplikasinya berupa badak untuk mendukung perkembangan dengan brand lokal dan menjadikan tempat pengusaha muda untuk menemukan ide.

Selain itu, acara kampus yang menarik juga bisa membangun perekonomian dan memancing selain untuk bergabung di kampus kamu lho. Kamu juga bisa menambahkan beberapa kegiatan yang menyenangkan seperti workshop maupun fashion show. Tujuan tema tersebut, diharapkan acara kampus tersebut mampu menjadi kan perekonomian lebih terjamin dan maju di kalangan generasi muda kampus.

2. Membangun Generasi Kreatif dengan Art Week

Selanjutnya, kamu juga bisa mencoba untuk membuat acara kampus yang menarik dengan mengadakan sebuah pameran. Beberapa mahasiswa dan masyarakat dapat menyalurkan apresiasi seni dengan mengikuti acara tersebut. Cobalah membuat acara tersebut bersifat publik sehingga beberapa seniman dari masyarakat sekitar mampu mengekspresikan karyanya.

Untuk mengekspresikan karya tersebut bisa berupa lukisan, foto, instalasi, maupun lainnya. Setiap karya tersebut di submit oleh seniman dan mahasiswa dan digunakan sebagai pameran atau bahkan bisa dijual. Tema tersebut bisa membangun orang-orang untuk lebih kreatif dan mencintai budaya Indonesia.

3. Prasmul Olympics

Cutnya kamu bisa menggunakan acara kampus dengan prasmul Olympic yang akan membantu mahasiswa saling bersaing dan menjadikan tubuh lebih sehat. Tema tersebut sangat cocok digunakan bagi acara kampung yang menyangkut bidang olahraga dan seni.

Biasanya prasmul Olympic ini menyediakan beberapa cabang kompetisi, seperti basket, futsal, voli, tenis, fotografi, modern dance, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menggelar acara kampus ini untuk tingkatan Universitas maupun tingkatan SMA. Kesempatan tersebut bisa membantu kamu untuk mempromosikan berbagai macam keunggulan bidang olahraga dan seni di kampusmu loh.

4. Night Music

Suka dengan konsep event musik? Kamu bisa mencoba untuk membuat tema musik di malam hari. Bisa menggelar acara tersebut untuk membuat mahasiswa dan anggota di kampus merasa lebih tenang. Adakan musik yang seru namun tenang di sekitar kampus.

Acara tersebut bisa dengan mengundang masyarakat umum untuk berdedikasi satu malam menikmati musik bersama anggota kampus atau mengajak beberapa mahasiswa di berbagai macam program studi untuk andil dalam menyumbang musik dan nyanyian sederhana. Lebih menarik lagi jika kamu dan pihak kampus mampu mendatangkan salah satu pemain musik yang cukup terkenal. Antusias setiap mahasiswa dan masyarakat sekitar pasti meningkat.

5. Indonesian Culture Nationalisme

Selanjutnya kamu bisa menggunakan tema Indonesian culture nationalisme. Melalui tema di atas kamu bisa membuat acara kampus menarik dengan berbagai macam pertunjukan budaya Indonesia. Dalam acara tersebut kaum bisa menggelar fashion show budaya Indonesia, bazar Karya seni budaya Indonesia, dan lain sebagainya.

Akan menarik jika dalam dalam acara tersebut kamu mengajak masyarakat umum untuk datang dan andil dalam acara. Banyak keseruan yang bisa dirasakan nantinya.

Penutup

Masih banyak contoh konsep acara kampus yang menarik dan bermanfaat. Sebagai mahasiswa kamu juga dituntut untuk menggelar berbagai macam acara untuk meningkatkan kemampuan berorganisasi dan kekreatifan. Cobalah untuk membuat acara yang seru namun tetap memiliki nilai-nilai positif untuk mahasiswa lain dan masyarakat sekitar. 

User Profile

Universitas123
Preloader Image
Please Wait
Logo