11 Universitas Negeri di Padang dan Jurusan yang Peluang Karirnya Besar

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 November 2023
11 Universitas Negeri di Padang dan Jurusan yang Peluang Karirnya Besar

Berkuliah di perguruan tinggi negeri dapat menjadi batu pijakan untuk meraih masa depan yang gemilang. Maka tidak mengherankan bila banyak perguruan tinggi yang berdiri di Padang. Hingga saat ini terdapat 172 perguruan tinggi yang tersebar di Kota Padang dan sekitarnya. Namun hanya ada 11 universitas negeri di Padang, termasuk IAIN dan politeknik.

11 Universitas Negeri di Padang dan Jurusannya

Untuk kamu yang ingin berkuliah di Universitas Negeri di Padang, berikut ini telah dirinci mengenai 11 universitas negeri Padang dan jurusannya yang favorit. Simak baik-baik ya!

1. Universitas Negeri Padang (UNP)

Universitas ini dulu namanya IKIP Padang yang fokus pada jurusan pendidikan saja. Namun, saat ini menjadi Universitas Negeri Padang yang siap menampung puluhan ribu mahasiswa untuk belajar dengan beragam disiplin ilmu. Terdaftar 9 fakultas di sini dengan total 58 program studi diploma 4 dan sarjana 1. Jurusan yang paling laris di Universitas Negeri Padang adalah Akuntansi, Manajemen, Ilmu Administrasi Negara, PGSD, Psikologi, dan Manajemen Perhotelan.

2. Universitas Andalas (UNAND)

Perguruan tinggi negeri ini terletak di jantung Kota Padang. Memiliki 15 fakultas dengan total 48 program studi. Jurusan yang paling favorit di sini adalah Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Teknik Sipil, Farmasi, Sistem Informasi, Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Manajemen, dan Hukum.

3. ISI Padangpanjang

Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang adalah kampus yang menampung pelajar dengan minat bakat seni tinggi di daerah Sumatera. Siap mengajak anak-anak muda untuk melahirkan karya seni yang kreatif dan mengikuti perkembangan zaman tanpa melupakan akar budaya.

Terdapat 2 fakultas di sini, yaitu fakultas seni pertunjukan dan fakultas seni rupa dan desain. Terdapat 12 program studi di sini. Jurusan yang paling favorit adalah Desain Komunikasi Visual. Ada jurusan baru, yaitu D4 Desain Mode. Khusus mempelajari tren fashion dan bagaimana survive di industri fashion. Menarik, bukan?

4. Politeknik Negeri Padang (PNP)

Politeknik Negeri Padang (PNP) adalah kampus pendidikan vokasi di Padang yang menitikberatkan pada hardskill dan softskill di dunia kerja. Terdapat 7 fakultas di PNP dengan 15 program studi jenjang Diploma 3 dan Diploma 4.

Jurusan yang paling favorit di sini adalah Teknik Elektronika Industri dan Teknik Telekomunikasi. Kamu juga bisa masuk jurusan baru yang peluang karirnya besar, yaitu Teknik Perencanaan Irigasi dan Rawa serta Bahasa Inggris Untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional. Seru, bukan?

5. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (PPNP)

Jika kamu hendak mengembangkan sektor pertanian menjadi pertanian modern, maka berkuliah di PPNP adalah pilihan yang tepat. Terdapat 5 program studi di ini, antara lain Pengelolaan Agribisnis, Pengelolaan Perkebunan, Teknologi Benih, Teknologi Rekayasa Pangan, dan Teknologi Rekayasa Komputer.

6. UIN Imam Bonjol Padang (UINIB)

Jika kamu ingin berkuliah di PTN yang berlandaskan islam pada sistem pembelajarannya, maka berkuliahlah di UIN Imam Bonjol Padang (UINIB). Terdapat 8 fakultas di UINIB dengan 26 program studi.

Jurusan yang paling diminati adalah Perbankan Syariah, Psikologi Islam, Manajemen Bisnis Syariah, Pendidikan Agama Islam, dan Ekonomi Syariah.

7. IAIN Bukittinggi

IAIN Bukittinggi juga bisa menjadi pilihan bagus untukmu yang ingin berkuliah di lingkungan islami. Terdapat 4 fakultas di sini dengan total 22 program studi. Kuota paling banyak diberikan untuk jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Pendidikan Matematika, dan Hukum Keluarga Islam.

8. IAIN Batusangkar

IAIN Batusangkar ini berlokasi di Kabupaten Tanah Datar yang tak jauh dari Kota Padang. Terdapat 5 fakultas dengan total 26 program studi. Jurusan dengan daya tampung terbanyak yaitu Manajemen Bisnis Syariah, Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah, dan Akuntansi Syariah.

9. Poltekkes Kemenkes Padang

Apabila kamu ingin berkarir di sektor kesehatan, maka berkuliah di Poltekkes Kemenkes Padang adalah pilihan yang tepat. Di sini kamu bisa memilih jurusan Gizi, Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, Keperawatan, dan Keperawatan Gigi. Tersedia untuk jenjang Diploma 3 dan Diploma 4.

10. Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Apabila kamu ingin menjadi nahkoda, bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan, pembuat hukum regulasi dan transportasi, dan lainnya maka berkuliahlah di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Jenjang karirnya cukup bagus.

Di Poltekpel Sumbar ini terdapat 3 jurusan, yaitu D3 Nautika, D3 Teknologi Nautika, dan D4 Transportasi Laut. Lulus dari ketarunaan, kamu bisa bekerja di industri manufaktru, industri perikanan, pelabuhan dan galangan kapal, bahkan bekerja di perusahaan minyak gas bumi. Menarik, bukan?

11. Politeknik ATI Padang

Politeknik Akademi Teknologi Industri (ATI) Padang ini berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian. Di sini terdapat jurusan Manajemen Logistik Industri Agro, Teknik Industri Agro, Teknik Kimia Bahan Nabati, Analisis Kimia, dan yang paling terbaru adalah Teknologi Rekayasa BIoproses Energi Terbarukan. Sungguh seluruh jurusannya sangat menarik. Itulah daftar 11 universitas negeri di padang dan jurusannya. Setiap PTN memiliki jurusan khusus dan spesial berdasarkan karakteristiknya masing-masing.

Dengan mengetahui daftar PTN terfavorit di Padang beserta jurusannya, apakah kini kamu sudah tahu hendak masuk ke universitas mana dan masuk jurusan mana? Yang jelas, apapun universitasnya dan apapun jurusannya, maka itu adalah pilihan yang terbaik untukmu. Setiap pilihan yang kamu pikirkan matang-matang akan menjadi langkah terbaik untuk masa depanmu. 

Untuk kamu yang tertarik kuliah di Universitas Swasta berikut adalah beberapa daftar kampus swasta terbaik di Indonesia : 

Akan lebih bagus lagi, jika kamu berkuliah sambil mendapatkan beasiswa. Dijamin kamu akan semakin semangat belajar. Yuk cari tahu informasi beasiswa di universitas123.

 

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait