6 Universitas Swasta dengan Beasiswa Penuh Terbaik di Indonesia

Bacaan Umum
Universitas123 | 02 March 2023
6 Universitas Swasta dengan Beasiswa Penuh Terbaik di Indonesia

Universitas swasta dengan beasiswa penuh menjadi salah satu incaran banyak mahasiswa. Tidak sedikit universitas swasta yang mempunyai kualitas lebih bagus dibandingkan dari universitas negeri. Selain itu, universitas swasta biasanya mempunyai program unggulan dan fasilitas memadai.

Namun, swasta memang dikenal dengan biayanya yang lebih mahal. Itulah kenapa banyak yang memilih ke universitas negeri. Meski begitu, ada beberapa universitas swasta di Indonesia yang menawarkan beasiswa penuh. Cocok untuk kamu yang mengincar kampus swasta dan terkendala biaya. Berikut beberapa referensi kampus swasta terbaik.

1. Universitas Islam Indonesia, Universitas Swasta dengan Beasiswa Penuh?

Salah satu universitas kampus yang pastinya sudah tidak asing lagi adalah Universitas Islam Indonesia. Kampus ini sering disingkat menjadi UII dan mempunyai akreditasi A. UII berada di 500 universitas terbaik di Asia dan mendapatkan peringkat 17 Nasional. Tidak heran jika banyak mahasiswa yang mengincar beasiswa di sini.

Bagi kamu yang ingin kuliah di UII, terdapat berbagai macam beasiswa. Beasiswa ini dibedakan menjadi dua bagian, yakni beasiswa untuk mahasiswa domestik dan mahasiswa asing. Berikut ulasan tentang kedua jenis beasiswa tersebut.

  • Beasiswa Domestik

Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa baru dengan program Sarjana dan Diploma. Ada beberapa program beasiswa, yakni Beasiswa Atlet dan Juara Seni, Beasiswa Duafa, Beasiswa Hafiz Al-Qur’an, Beasiswa Santri Unggulan UII, dan Beasiswa Unggulan.

  • Beasiswa Mahasiswa Asing

Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang bukan pemegang paspor Indonesia untuk menempuh pendidikan di UII. Program beasiswa yang ditawarkan adalah Future Global Leaders Scholarships 2021 dan KNB Scholarships at Universitas Islam Indonesia.

2. Universitas Esa Unggul

Universitas swasta dengan beasiswa penuh yang bisa jadi rekomendasi adalah Universitas Esa Unggul. Kampus ini berada di urutan ketiga untuk PTS Terbaik se-Jakarta. Jadi, jika kamu mengincar universitas terbaik di Jakarta, Esa Unggul bisa menjadi solusi yang tepat. Apalagi jika kamu mempunyai prestasi dengan catatan nilai sesuai persyaratan.

Menariknya lagi, program beasiswa yang ada di Esa Unggul cukup beragam dan disesuaikan dengan kategori. Misalnya untuk calon mahasiswa baru, terdapat Beasiswa Unggulan 100%, Beasiswa Indonesia Timur, Beasiswa Prestasi, dan Beasiswa Bidik Misi. Ada lagi untuk alumni, program beasiswanya adalah Beasiswa Alumni atau Pascasarjana.

3. Universitas Pelita Harapan

Universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia dan menawarkan program beasiswa penuh adalah Universitas Pelita Harapan. Kampus ini mempunyai beberapa kelas VIP. Hanya mahasiswa dengan beasiswa penuh saja yang bisa mendapat fasilitas tersebut. Tidak heran jika banyak yang mengincar fasilitas di UPH.

Cara untuk bisa mendapatkan beasiswa penuh di UPH, mahasiswa tidak boleh mendapatkan nilai IPK di bawah 3,00. Biasanya, beasiswa tersebut dibuka dan diikuti oleh mahasiswa umum.

4. Universitas Tarumanegara

Universitas swasta dengan beasiswa penuh terdapat di Universitas Tarumanagara. Bisa dibilang, kampus ini kampus tertua, tapi masih banyak diminati. Tidak heran jika universitas tersebut masuk ke dalam daftar 7 universitas terbaik di Indonesia. Jika kamu mendapatkan beasiswa di sini, ada banyak manfaat yang bisa didapat.

Sementara, jika kamu ingin mencoba mendaftar, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. 
  • Melampirkan fotokopi SKHU dan SKHUN yang dilegalisir.
  • Tidak pernah mengonsumsi atau menggunakan obat-obatan terlarang.
  • Melampirkan fotokopi rapor kelas 10 dan kelas 11 yang dilegalisir.

Ada beberapa tahap yang harus kamu lakukan untuk bisa mendapatkan beasiswa di UNTAR, antara lain:

  • Mendaftarkan diri secara online.
  • Memilih jalur pendaftaran yang sesuai.
  • Memberi informasi kelulusan atau tidaknya.
  • Apabila lulus, kamu bisa memilih program jurusan yang tersedia dan membayar SPP sesuai jumlah pada surat.

5. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti menjadi salah satu universitas swasta dengan beasiswa penuh. Beasiswa di kampus tersebut akan ditanggung maksimal selama 8 semester. Ada beberapa persyaratan yang bisa kamu penuhi, antara lain:

  • Mempunyai nilai rata-rata rapor minimal 7,50 dari semester 1-6 dan harus dikonversi angka. Rapor juga harus dilegalisir oleh kepala sekolah.
  • Calon mahasiswa mempunyai usia maksimal 19 tahun.
  • Menyerahkan formulir pendaftaran.
  • Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk.
  • Melampirkan Surat Pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

6. Universitas Mercu Buana

Universitas terbaik swasta yang ada di Indonesia dan bisa jadi referensi adalah Universitas Mercu Buana. Universitas ini mempunyai dua jenis atau kategori beasiswa, yakni beasiswa PBM dan beasiswa unggulan. Beasiswa PBM atau beasiswa Prestasi Bakat Minat berupa potongan biaya kuliah saja.

Sementara beasiswa unggulan adalah beasiswa yang diberikan pada calon mahasiswa dengan beasiswa penuh selama 4 tahun atau 8 semester. Persyaratan untuk mengikuti beasiswa hanya sudah lulus SMA/SMK, mempunyai sertifikat non akademik tingkat provinsi atau fotokopi rapor semester 1-5.

Itulah 6 universitas swasta dengan beasiswa penuh yang bisa jadi referensi untuk tempat kuliah. Kamu bisa mempertimbangkan fakultas atau jurusan yang tersedia dan faktor lainnya. Jadi, sudahkah kamu menentukan kampus mana yang ingin kamu incar beasiswanya? Kamu bisa bergabung di Universitas123 untuk mendapatkan informasi seputar beasiswa terupdate di dalam dan luar negeri.

 

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait